Jajan Murah di Bangkok

01.43

Bangkok yang saya tahu adalah makanan enaknya!

Ya, saya memang seorang yang suka jajan. Apalagi mencoba jajanan pinggir jalan saat saya pergi ke suatu tempat. Kali ini, saya akan menceritakan jajanan atau makanan yang saya temui saat saya berkunjung ke Bangkok kemarin. Oh iya, ada beberapa foto yang ngeblur karena saya nefotonya sambil makan atau sambil lalu saja jadi tidak fokus :)

1. Mango Sticky Rice


Mango Sticky Rice sudah pasti jadi incaran pertama saya saat saya ke Bangkok. Makanan ini sebetulnya adalah beras ketan yang dimakan bersama mangga. Saya sering membelinya saat saya di Jogja, namun rasa Mango Sticky Rice di tempat asalnya memang lebih enak! Harganya sendiri bekisar antara 40-50 baht atau 20 ribu rupiah dan mudah ditemukan di jalanan Bangkok. Waktu itu saya membelinya di Rod Fai Market.

2. Thai Tea


Sebenarnya saya bukan pecinta Thai Tea awalnya, karena memang di Jogja rasa Thai Tea sendiri saya rasa aneh dan terlalu manis. Namun saat saya mencoba Thai Tea di sini, rasanya enak dan segar berbeda dengan yang biasa saya minum. Entah waktu itu karena saya doyan atau memang kehausan, saya sampai beli dua kali Thai Tea ini. Harganya 50 baht untuk segelas besar Thai Tea. Rasanya pun ada yang original atau green tea, dua-duanya enak menurut saya. Sama seperti mango sticky rice, Thai Tea dapat dengan mudah ditemukan di jalanan. Waktu itu saya membelinya di foodcourt dekat Rajamangala saat mengantri nonton Coldplay hehe.

3. Gorengan 




Jadi, bagaimana menyebut gorengan ini ya? Setiap kali saya berjalan-jalan, saya pasti menemukan penjual gorengan. Mungkin kalo di Indonesia semacam penjual tempura. Tapi di sini, gorengannya murah dan enak-enak. Saya sampai dimarahi teman saya jika sedang jalan-jalan lalu ada pejual gorengan yang terlihat menarik. Ya gimana, habisnya harganya murah dan rasanya enak! Biasanya penjual gorengan ini menjual daging olahan ayam, ikan, ataupun babi. Bentuknya seperti otak-otak, tempura, atau digoreng dengan tepung. Harganya sekitar 5-10 baht untuk satunya, atau biasa dijual sepaket 50 baht berisi 10 biji. Cocoklah untuk mengganjal lapar atau sekedar ingin jajan saja.

4. Coconut Ice Cream



Ah, ini dessert yang paling saya sukai. Es krim kelapa yang dijual di sini sangat enak. Makanan ini sebenarnya es krim kelapa yang disajikan di batok kelapa. Jadi isinya daging kelapa, es krim, dan berbagai macam topping yang bisa dipiih sendiri seperti red bean, jelly, jagung manis, atau kacang dan di atasnya diberi susu kental manis putih. Rasanya nagih dan segar, cocok dimakan saat Bangkok sedang panas-panasnya. Waktu itu saya membelinya di Chatucak, harganya 40 baht, namun di tempat lain ada juga yang 50 baht. Menurut saya sih menurut saya sih makanan ini wajib dicoba :)

5. Es lilin


Saya bingung sebenarnya mau memberi nama es ini dengan sebutan apa. Ini sebenarnya es yang terbuat dari fanta/sprite/coca-cola yang dibekukan. Bentuknya ya sama dengan es lilin yang sering dibeli di Indonesia. Harganya pun murah, 10 baht saja, dan lumayan segar walaupun kecil.

6. Sate Babi


Waduh, kalau makanan yang berbahan daging babi mah Thailand juara. Sate babi ini biasa ditemukan di pinggir jalan. Tapi rasanya enak karena manis dan sedikit ada lemaknya. Nagih sih, tapi untuk satu tusuk sate harganya 50 baht. Tergolong mahal untuk satu tusuk sate seharga 20 ribu ini.

7. Jus Pomegranate


Pomegranate ini rasanya baru pernah saya lihat ya di Thailand ini. Bentuknya menarik karena berbiji-biji dan sepertinya segar. Akhirnya saya membeli satu botol yang kalau tidak salah harganya 60 baht. Rasanya sendiri memang segar, namun sedikit kecut, tapi okelah. Lumayan untuk melepas dahaga. Jus ini biasa ditemukan di Chinatown.

8. Pretz Rumput Laut


Kalau ini dimasukan list jajanan boleh juga kan? Hehe. Pretz ini aku temui di sevel, awalnya beli karena penasaran, tapi akhirnya sering beli juga karena enak. Lalu waktu pulang, aku sampai beli ini banyak cuma buat dimakan di jalan dan dimakan sendiri di rumah :')

---

Kesimpulannya, makanan di Thailand itu cuma ada enak dan enak banget. Sejauh ini juga belum nemu makanan yang kurang cocok. Selain itu, saya juga belum sempat mencoba serangga goreng yang banyak dijual di jalanan. Alasannya ya apalagi selain geli dan emang gak minat nyoba hehe. Jadi, kalo ke Thailand, jangan lupa jajan ya !






You Might Also Like

0 komentar

Subscribe