Bras Basah; Surga Kecil Pecinta Buku

07.11

Perjalanan saya ke negeri tetangga, Singapura, tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Kali ini saya sengaja mengambil waktu lebih panjang lagi untuk menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah saya datangi sebelumnya. Iseng saya mencari info di google mengenai tempat-tempat mana saja yang terbilang unik dan pas di kantong. Akhirnya saya menemukan sebuah tempat di bilangan Bras Basah yaitu Bras Basah Complex. Terletak di 231 Bain Street, Singapore, Bras Basah Complex berlokasi tepat di sebelah Singapore National Library atau di depan gedung administrasi Singapore Management University. Untuk menuju tempat ini bisa turun di MRT Bras Basah (dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah Victoria St sejauh -+ 300m) atau  berjalan dari Bugis Junction -+ 500m.




Bras Basah Complex terdiri dari beberapa toko yang menjual buku-buku bekas maupun baru, Art Shop yang lengkap, percetakan, galeri seni, toko alat musik, dan juga toko mainan.Mengingatkan saya dengan Shopping Center di Yogyakarta. Saya betah berlama-lama menghabiskan waktu di tempat ini. Keluar masuk dari satu toko ke toko yang lain membuahkan hasil untuk saya. Setidaknya, saya mendapat satu buku Haruki Murakami seharga 20$ yang masih baru dan 3 buah buku seharga 10$. Jika jeli dan niat mencari, kita bisa mendapat buku-buku bagus dengan harga sangat murah.








Selain toko buku, yang menarik minat saya adalah sebuah Art Shop bernama ArtFriend. Toko ini menyediakan segala keperluan seni mulai dari kanvas, segala macam cat, kuas, peralatan kayu untuk design (yang entah namanya apa), kertas berbagai ukuran dan lain sebagainya. Di sini saya menemukan peralatan face painting yang lengkap dan harga yang lebih murah dari tempat lain. Akhirnya saya membeli brush, dua buah face painting merk Snazaroo serta cairan tiruan darah untuk face painting karena daya tidak menemukan dua hal itu di Jogja. Teman saya sempat titip minta dibelikan cetakan-lilin-untuk-cap dan saya menemukan berbagai macam bentuk dan ukuran benda itu di sana. Bagi yang mencari keperluan seni sepertinya hampir semua yang anda cari ada di tempat ini.








Ada satu toko kecil yang saya anggap unik di tempat ini, Cat Socrates. Sesuai dengan namanya, Cat Socrates menjual pernak-pernik yang berbau kucing, ya walaupun tidak semua barang yang ada di sini berhubungan dengan kucing. Setidaknya, tempat ini menjual tote bag, postcard, notes, dan aksesoris lain dengan design yang unik. Selain itu, ada satu kucing berjenis anggora (atau jenis lain?) yang selalu ada di tempat ini. Bahkan, mereka membuatkan souvenir berupa gantungan kunci dan cinderamata lain dengan foto si kucing ini.






Singkatnya, Bras Basah Complex cocok untuk kalian yang memang seorang book hunter, mencari art tools, atau hanya sekedar mencari suasana baru jika berkunjung ke Singapore.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe