Melihat Wat Arun dari Luar

11.54


 Saya sebenarnya tidak terlalu suka wisata candi atau kuil-kuil, walopun saya sendiri suka mengagumi kemegahan dan keindahan bangunannya. Alasannya sederhana, karena bagi saya itu adalah tempat ibadah, yang seharusnya disucikan. Namun karena sudah di Thailand, ya sekalian saja saya mengunjungi kuil-kuilnya yang terkenal. Jujur, kuil-kuil di Thailand bagus, banget. Walaupun saya tidak terlalu suka Bangkok karena padat, tapi di setiap sudut Bangkok  yang saya suka adalah banyaknya sesajen atau tempat untuk menghormati Rajanya yang sudah meninggal, dan juga kuil-kuilnya (atau biasa disebut Wat).


Selama di Bangkok, saya hanya sempat mengunjungi Wat Arun. Itupun karena saya salah berhenti, niat awalnya saya ingin mengunjungi Wat Pho, tapi kelewatan. Untuk sampai ke area Wat Arun - Wat Pho - Grand Palace ini kita bisa menggunakan kapal yang melewati sungai Chao Praya. Jika ingin menaiki kapal melewati Chao Praya, paling mudah menurut saya naik BTS turun di stasiun Saphan Taksin. Sehabis itu, kita tinggal jalan kaki ke dermaga. Di dermaga ini, ada banyak jenis kapal. Kalau mau murah, pilihlah kapal dengan bendera orange, harganya hanya 15baht, bisa untuk ke Wat Pho, Wat Arun, atau ke Grand Palace karena mereka berhenti di setiap pemberhentian. Bisa googling untuk melihat tempat-tempat berhentinya kapal. Oiya, jangan salah berhenti ya, nanti jadinya kaya saya, harusnya ke Wat Pho malah turun di Wat Arun hehe. Tapi jangan khawatir jika salah turun seperti saya, karena ada kapal yang mengantarkan menyeberang dari Wat Arun ke Wat Pho dengan hanya bayar 4 baht saja (sekitar 1600 rupiah)




Sesampainya ke Wat Arun, saya memang tidak berniat untuk masuk dan hanya melihat-lihat dari luar saja. Kalau tidak salah, biaya untuk masuk ke Wat Arun sekitar 50 baht untuk satu orang. Tapi bagi saya, berkeliling komplek Wat Arun dari luar sudah lebih dari cukup. Lagipula, spot kesukaan saya adalah di dekat dermaga. Dari sini, saya bisa melihat orang memberi makan ikan-ikan di pinggir sungai dengan roti. Ikan-ikan di sini besar sekali! Jenisnya seperti ikan lele tapi lebih besar. Dan juga, ada banyak burung dara yang ada di sekitaran dermaga. Jadi saya bisa dengan santai melihat mereka terbang-terbang dan melihat kapal-kapal berlayar. Saya cerita lewat foto saja ya? :)

Burung di dekat dermaga


Lonceng keberuntungan




You Might Also Like

0 komentar

Subscribe